Peternakan Kambing Peranakan Etawa di Tamanwinangun

TAMANWINANGUN-Kambing Peranakan Etawa (PE) hingga kini masih menjadi kambing unggulan. Pasalnya selain mempunyai postur besar, kambing tersebut juga menghasilkan susu. Lebih unggul lagi, Kambing PE juga merupakan jenis kambing hias atau kontes.

Di RT 2 RW II Tamanwinangun Kebumen, terdapat pula rintisan peternak Kambing PE. Adalah Tugino, yang kini tengah merintis peternakan tersebut. Di kandangnya kini terdapat setidaknya lima ekor kambing. Beberapa diantara miliknya adalah kambing etawa jenis unggul.

Sebelum menggeluti ternak etawa, Tugino sendiri merupakan peternak ayam, ikan dan juga burung Murai Batu. Di masa kejayaan Burung Murai Batu, Tugino sendiri merupakan salah satu perternak burung yang mencetak ras unggul.

Kambing PE yang diternaknya juga merupakan jenis unggul.Dirinya sendiri mempunyai prinsip jangan tanggung, jika beternak sesuatu  ambillah jenis yang unggul sekalian. Dengan semakin tinggi harapannya  untuk mempunyai keturunan yang unggul juga.

Adanya peternakan Kambing PE di RT 2 RW II Tamanwinangun Kebumen, tentunya semakin menambah kekayaan potensi perekonomian. Sebab jika usaha tersebut berkembang besar, bukan tidak mungkin ini dapat menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat.

Tugino sendiri berharapa usaha yang dilakoninya dapat berkembang dengan baik. Pihaknya kini juga tengah membudidaya beberapa tanaman pakan ternak. Ini seperti reside, kaliandra, singkong karet dan lainnya. Harapanya adanya bank pakan, maka ketersediaan pakan ternak akan semakin banyak dan mudah diperoleh.  Sebab salah kunci keberhasilan peternakan adalah ketersediaan pakan.

Sekedar informasi saja, Kambing Etawa sendiri sebenarnya merupakan hasil peranakan dari persilangan antara Kambing Jamnapari dari India dengan kambing lokal Indonesia. Hasil persilangan tersebut menghasilakan bibit unggul yang kini banyak diternak di dalam negeri.

Di Kebumen sendiri, peternakan Kambing PE mulai banyak dilakukan. Bahkan sudah terbentuk organisai atau paguyuban Peternak Kambing PE. Selain itu beberapa kontes kambing PE di Kebumen  juga sudah mulai dilaksanakan. Besar harapan, ke depan prospek usaha kambing PE akan semakin baik. Sehingga dapat meningkatkan pendapatan bagi masyarakat. 

Posting Komentar

0 Komentar